Awalnya membeli sebuah Blackberry karena ikut-ikutan dan sedikit dipaksa oleh teman yang telah lama memakai Blackberry, dengan tujuan agar aku bisa mudah berkomunikasi dengan mereka lewat BBM. Karena aku terbilang gaptek, tak heran saat pertama kali memakai Blackberry, banyak tanya ini dan itu tentang Blackberry terutama yang menyangkut soal Blackberry Messenger atau BBM.

Saat pertama kali menerima broadcast atau BC di BBM, heran bin aneh kok warna hurufnya ungu, tanya sama teman,  akhirnya diajari cara-cara broadcast  message di BBM. Suatu waktu, saat chatting aku juga menerima huruf dan simbol lucu yang bikin penasaran, kok bisa ada huruf dan simbol lucu begitu, akhirnya tanya lagi ke teman. Sang temanpun tanpa kenal lelah mengajari aku, sampe akhirnya aku bisa juga kirim simbol dan huruf-huruf lucu di BBM dan bahkan aku diajari juga cara menggunakan Auto Text dan memanfaatkan Auto Text di BBM untuk lebih mempercepat reply saat chatting di BBM.

Dari awalnya sedikit terpaksa ( karena dipaksa teman) untuk membeli sebuah Blackberry, sampai belajar cara kirim pesan Broadcast, menyisipkan simbol, emoticon sampai membuat auto text sendiri sampai akhirnya aku benar-benar menguasai cara menggunakan Blackberry yang baik dan benar. Semula cuma sekedar iseng chatting di BBM dengan teman- teman, iseng saling kirim lagu dan foto. Suatu hari, terbersit dalam pikiran, kenapa tidak memanfaatkan BBM untuk sesuatu yang bermanfaat, semisal untuk jualan online lewat BBM seperti teman-teman yang sering broadcast yang isinya cuma sekedar iklan atau promosi produk yang mereka jual.

Melihat jumlah contact di BBM yang hampir 2000 lebih kontak, semakin meyakinkan aku untuk memanfaatkan BBM sebagai media promosi produk yang akan aku jual. Peluang seakan terbuka lebar, yang terpenting bagaimana aku bisa memanfaatkan sebaik mungkin peluang tersebut untuk sesuatu yang bermanfaat.

Saat pertama kali kirim pesan Broadcast promosi ke seluruh teman di BBM, tak sedikit dari mereka yang protes dan merasa terganggu, dan tentu saja itu membuat aku sedikit down, jangan-jangan nanti mereka marah dan delcont atau mengahapus aku dari BBM mereka. Namun, setelah beberapa kali broadcast, tak disangka respon teman-teman aku di BBM seperti yang welcome atau menerima aku untuk mempromosikan jualan online. Banyak dari mereka yang akhirnya tertarik dengan produk yang promosikan.

Hari berganti hari, minggu berganti minggu, kini lewat BBM di Blackberry aku bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan. Dengan berbekal sebuah Blackberry, aku terus berusaha untuk mempromosikan usaha onlineku.  Jumlah kontak BBM di Blackberry aku pun setiap hari terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya langganan dan calon pembeli online. Kini, ketika aku selesai mengirimkan sebuah broadcast ke seluruh kontak di BBM, dalam beberapa detik kemudian Blackberry aku akan terus berbunyi, karena banyaknya calon pembeli yang berminat dan ingin tanya lebih jauh tentang apa yang aku kirimkan lewat pesat broadcast tersebut.

Pernah suatu hari, karena saking banyaknya pesan yang masuk, juga saking semangat aku membalas pesan-pesan tersebut, Blackberry akupun sampai “kecapean” yang akhirnya nge-hang!  lebih parahnya lagi saat dinyalakan kembali, Blackberry aku tidak mau nyala alias mendadak mati total dengan semua tombol tidak berfungsi! Tentu saja aku panik, apalagi teman ataupun calon pembeli, tentu akan terlantar tidak mendapatkan respon dari aku, gara-gara BB aku matot. Dengan terpaksa, Aku membawa Blackberry ke tempat services, dan untungnya Blackberry aku bisa dibenerin saat itu juga. Demi kelancaran komunikasi di BBM dengan teman atau calon pembeli,  aku rela menunggu beberapa jam sampai proses services selesai! sebuah pengorbanan kecil untuk kelangsungan bisnis online di BBM. Dan betapa sangat bahagianya aku, ketika Blackberry aku bisa kembali normal, dan akupun bisa kembali online di BBM.  Kebahagiaan yang tak ternilai dan tak bisa diukur dengan nilai uang.

Di saat orang lain banyak yang mencibir tentang Blackberry, yang katanya Blackberry itu udah mahal harganya, kinerja sangat lemot dibandingkan dengan Android ataupun iOS, udah gitu saat pakai BB setiap bulan kita harus mengaktifkan Paket Blackberry Bulanan atau mingguan yang bikin ribet! Tak salah memang mereka yang kurang suka terhadap Blackberry berkata demikian tapi bagi aku Blackberry itu adalah smartphone terbaik yang pernah aku miliki. Bagaimana tidak, Blackberry telah membantu aku untuk mengembangkan usaha online.

loading...

Related Posts: