Contoh Proposal Pembangunan Mesjid atau Madrasah

Dasar Pemikiran
Arah kebijakan Renovasi di Kabupaten Unsilster tidak semata-mata ditujukan pada sektor-sektor riil yang menjadi potensi daerahnya, tetapi lebih dari itu Unsilster dengan moto daerahnya “Religius Islami” juga berusaha menciptakan Renovasi yang berbasis moral.

Unsilster seperti halnya daerah-daerah lain berusaha melakukan sistem otonomi daerah yang telah digulirkan oleh pemerintah pusat. Renovasi yang dilaksanakan damam nuansa otonomi ini harus memberikan penguatan mentalitas dan moralitas umat serta rasa keadilan berbagai aspek kepada seluruh masyarakat Unsilster termasuk tersedianya sarana dan prasarana ibadah yang representatif guna meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan masyarakat juga memberikan manfaat yang besar dalam rangka membentuk karakter umat sebagai subjek dan objek Renovasi mandiri. Juga dengan semakin bertambahnya penduduk di lingkungan sekitarnya tentu sarana tempat ibadah menjadi kurang luas, nyaman dan efektif sehingga perlu adanya rehabilitasi dan perluasan kembali, agar dapat menampung kapasitas jemaah dalam melaksanakan ibadah.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka dalam rangka meningkatkan peran Masjid dalam membina dan mendidik Akhlak publik serta dalam rangka pemerataan Renovasi khususnya di lingkungan sendiri, untuk itu kami atas nama Panitia Renovasi Masjid Al-Barokah bermaksud merehabilitasi kembali Masjid di lingkungan kami, sekeluarga sarana ibadah ini diperuntukkan bagi warga masyarakat muslim Kampung Wangunsari RT. 05 RW. 02 Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik Kabupaten Unsilster khususnya dan umat muslim pada umumnya

Dasar dan Landasan Hukum
Al-Qur’an
Allah SWT berfirman : “Hanya mereka yang memakmurkan masjid-masjid Allah-lah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merelah orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS. At-taubah 9 : 18)

Al-Hadits
Rosulullah Saw bersabda : ”Barangsiapa membangun masjid untuk keridoan Allah SWT, niscaya Allah akan membangun rumah baginya di Surga”

Pancasila dan UUD NO. 32 tahun 2005

Tujuan Pembangunan
Tujuan Khusus membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya sarana ibadah dan ikut mensukseskan pembinaan mental spiritual di lingkungan masyarakat kampung Unsilster RT. 05 RW. 02 Desa Unsilster Kecamatan Unsilster Kabupaten Unsilster.

Tujuan umum :

  • Mempermudah warga sekitar untuk dapat melakukan ibadah secara khusus
  • Agar dapat menampung volume kapasitas jemaah yang melaksanakan ibadah
  • Meningkatkan kualitas dan ketakwaan umat
  • Memakmurkan eksistensi masjid dalam upaya membina akhlak dan prilaku umat beragama dalam Renovasi yang berkesinambungan di lingkungan sekitarnya.

Lokasi dan Waktu
Kegiatan Renovasi Masjid Al-Barokah berlokasi di Kampung Unsilster RT. 05 RW. 02 Desa Unsilster Kecamatan Unsilster Kabupaten Unsilster sedang waktu pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan Insya Allah mulai tahun 2011

Estimasi Biaya
Program Renovasi Masjid Al-Barokah menelan anggaran biaya kurang lebih sekitar Rp. 12.000.000 (dua belas juta rupiah)

Penyelenggara dan Susunan Panitia Pembangunan Mesjid
Penyelenggara kegiatan Renovasi ini adalah seluruh masyarakat dan para tokoh agama di lingkungan Kampung Unsilster RT. 05 RW. 02 Desa Unsilster Kecamatan Unsilster Kabupaten Unsilster yang telah dibentuk melalui Kepanitiaan (terlampir)

  • Penanggungjawab :
  • Penasehat :
  • Panitia Pelaksana :
  • Ketua :
  • Sekretaris :
  • Bendahara :

Status Tanah
Renovasi Masjid Al-Barokah dibangun diatas tanah wakaf dan salinan sertifikat tanah wakaf berikut gambar denah luas tanah dan desain arsitektur Masjid yang akan dibangun terlampir.

Penutup
Demikian Proyek Proposal Renovasi Masjid Al-Barokah yang kami buat untuk diajukan kepada Bapak sebagai bahan pertimbangan dan acuan kegiatan serta untuk diketahui oleh semua pihak yang berpartisifasi dalam kegiatan termaksud. Semoga Allah SWT selalu memberikan bimbingan rahmat dan Inayah-Nya kepada kita semua, sehingga rencana yang mulya ini dapat segera terealisasi dan terwujud, Amiin.

Related Posts:

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*