Sinopsis dan Review Film 2012

Benarkah kiamat bakal terjadi tahun 2012? Hangat diperbincangkan, apalagi kini hadir film 2012 – notabene Film yang dibintangi oleh John Cusack dan Amanda Peet ini menceritakan tentang End Of the World atau kehancuran dunia dan cerita heroik tentang orang-orang yang berusaha menyelematkan diri dari kehancuran alam semesta ini.

Pertanyaan sekarang apakah benar dunia tempat kita bernaung ini dalam bahaya? Dan apakah benar kiamat akan terjadi tahun 2012 nanti? ataukah ini cuma sebuah film fiksi dan tidak berarti apa-apa bagi kelangsungan kehidupan di bumi ini?

Nibiru
Ada banyak teori tentang hari kiamat yang beredar di seantero jagad ini, tapi yang paling banyak menjadi sorotan adalah tabrakan antara Planet Bumi dengan sebuah Planet bernama NIBIRU yang akan terjadi tahun 2012 nanti dan akibat dari tabrakan tersebut adalah kehancuran dunia dan kemusnahan kehidupan di bumi tercinta ini. Keberadaan dan mitos tentang planet Nibiru ini konon telah ada sejak zaman Sumeria dulu (lebih dari 2500 tahun yang lalu). Tahun 1980, hadir sebuah katalog tentang 350.000 object di “langit” dan kebanyakan objek tersebut adalah benda asing. Dan banyak orang yakin bahwa salah satu dari benda asing itu adalah NIBIRU yang siap menghantam bumi, jadilah “mitos” tentang NIBIRU semakin kuat. Padahal seperti diketahui planet NIBIRU memerlukan waktu 3600 tahun untuk sekali mengelilingi matahari (bandingkan dengan bumi yang hanya memerlukan waktu 1 tahun), jadi sangat sulit sekali untuk diselidiki tentang keberadaan planet yang satu ini.

Kenapa Tahun 2012?
Kalender kuno bangsa Maya akan berakhir pada tanggal 21 Desember 2012, dan banyak orang yang percaya bahwa pada tanggal ini bumi akan berakhir seiring dengan berakhirnya kalender tersebut. Lalu benarkah mitos ini? Ini hanya mitos, kalender bangsa Maya sama juga seperti kalender modern yang ada saat ini, dan kalender tersebut bukanlah prediktor tentang hari kiamat. Berakhirnya tanggal di kalender kuno ini bukanlah berarti akan berakhir pula kehidupan di bumi ini. Seperti juga siklus kalender modern yang akan memulai hari baru pada tanggal 1 Januari, maka kalender bangsa maya ini juga akan memulai hari “baru” pada tanggal 22 Desember. So, masih mungkinkah kiamat terjadi 2012?

Adakah Teori lain tentang 2012?
Planetary Aligment: beberapa teori mengatakan bahwa kesejajaran planet yang terjadi 2012 nanti akan membawa reaksi berantai yang akan mengubah cuaca dan kejadian-kejadian di bumi. Namun sekali lagi teori ini pun begitu mudah disanggah karena tak ada alasan ilmiah bahwa Planetary Aligment akan membawa dampak cukup besar ke bumi. Teori lain mengemukan ten tang Aligment dengan Pusat Galaksi Miky Way, namun tetap saja tidak ada yang perlu ditakutkan dengan teori ini.

Solar Magnetic Shift. Memang dalam beberapa tahun ke depan akan adalah perubahan (flip) atau pergeseran posisi kutub magnetik matahari, namun ini adalah siklus biasa yang yang terjadi setiap 11 tahun sekali yang diakibatkan sedang maksimumnya aktivitas dari sang matahari ini. Dan Matahari dalam keadaan maksimum ini (bintik, hotspot, panas sedang besar-besarnya) diprediksi bakal terjadi pada tahun 2012 nanti dan akan mengakibatkan badai matahati terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah. Solar Storm atau Badai matahari ini memang akan mengganggu sistem komunikasi dan efek-efek lainnya, namun itu bukan berarti bahwa badai matahari ini akan serta menghancurkan seluruh kehidupan di muka bumi.

Sebuah Asteroid akan Menabrak Bumi. Yups…. Inilah yang sering banyak diekspos di film-film bahwa akan ada sebuah asteroid atau comet besar yang bakal menabrak bumi dan menimbulkan kehancuran. Tak bisa disangkal dan memang benar bahwa setiap hari ada meteorit yang jatuh ke bumi (dan menimbulkan kerusakan dalam sekala kecil). Kabar baiknya jika memang ada sebuah benda besar (asteroid) yang bakal menghantam bumi, maka asteroid besar tersebut akan sangat mudah untuk dilihat dan tentunya NASA yang selalu memonitor pergerakan benda-benda di angkasa sana, akan memasukkan asteroid tersebut ke dalam katalognya, dan tentunya memprediksi kapan terjadinya tabrakan, so.. dari jauh-jauh hari kita bakal tahu dan mempersiapkan diri untuk mencegah atau menghindari dampak terburuk dari tabrakan tersebut. Dan sampai saat ini, belum tercatat ada sebuah asteroid super besar yang bakal menghantam bumi, tidak di tahun ini ataupun di tahun 2012 nanti.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*